Pilih Printer Laser atau Inkjet

Pertimbangan memilih printer laser atau inkjet, tentu harus dilakukan agar kita dapat menggunakan printer dengan lebih maksimal. Kedua jenis printer ini mempunyai kelebihan dan keurangannya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang harus diketahui sebelum membeli printer laser ataupun inkjet :
Bahan tinta
Jika dilihat dari segi bahan, printer inkjet menggunakan tinta cair, dan biasanya menggunakan bahan berjenis cartridge microscopic nozzles yang karakternya mudah sekali luntur. Sedangkan laserjet, biasanya menggunakan bahan tinta toner serbuk. Dari segi warna, hasil warna cenderung lebih pekat.
Kecepatan printer
Jika dilihat dari segi kecepatan, tinta printer laser jauh lebih cepat dibandingkan printer inkjet. Biasanya printer laser memiliki kecepatan 20 hingga 25 ppm, atau setara dengan 20 hingga 25 per menit.
Dari segi teknologi
Kelebihan dari laserjet terletak pada memori dan prosessornya. Hal ini yang membuat printer ini jarang sekali mengalami kerusakan atau error, dan pastinya printer ini jauh lebi awet. Dari segi pengisian tinta, laserjet jauh lebih lama dibandingkan printer inkjek, yang lebih sering gonta-ganti cartridge.
Dari segi harga
Dari sehi harga, tentu saja kedua produk ini jauh berbeda. Harga printer inkjet jauh lebih murah dibandingkan printer laser. Selain itu, printer inkjet lebih mudah ditemui di beberapa toko komputer dibandingkan printer laser.
Semoga ulasan mengenai beberapa pertimbangan memilih printer laser atau inkjet ini bermanfaat sebelum memilih jenis printer yang pas sesuai kebutuhan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilih Printer Laser atau Inkjet"

Posting Komentar